Minggu, 08 November 2015

Diagram Batang-Daun

Diagram batang dan daun atau diagram batang adalah tehnik yang dilakukan untuk menyusun klasifikasi antara variabel-variabel baik itu diskret atau kontinyu. Diagram Batang dan daun digunakan untuk menyusun data sebagaimana awalnya data dikumpulkan. Diagram batang dan daun akan berbentuk seperti diagram batang, setiap angka pada data disusun ke dalam batang dan daun. Bagian batang terdiri atas semua angka dari data kecuali data digit terakhir. Bagian daun dari angka-angka tersebut akan berupa digit tunggal.
Elemen-elemen dari Diagram Batang dan Daun

  • Bagian batang akan menunjukkan digit pertama dari angka (misalnya ribuan, ratusan, atau puluhan), sedangkan bagian daun menunjukkan digit terakhir (satuan).
  • Secara keseluruhan hanya berisi bilangan bulat. Angka desimal akan dibulatkan kepada pembulatan angka terdekat. Misalnya data hasil pengujian, kecepatan, tinggi, lebar, dan lain-lain.
  • Terlihat seperti diagram batang ketika diputar ke samping
  • Menunjukkan sebaran data, seperti angka tertinggi, terendah, angka yang sering muncul dan angka pencilan (angka yang terletak diluar kelompok utama).

Cara menggambar diagram batang daun cukup mudah, cukup kamu tempatkan bilangan besar seperti ratusan atau puluhan di bagian kiri halaman/buku, kemudian satuannya kamu tempatkan di bagian kanan halaman/buku. Diantara keduanya kamu gambar garis lurus, Nah, yang bagian kiri itu batang, sedangkan yang di bagian kanan adalah daun.

Misalnya kita mempunyai objek pengamatan sebanyak 329, maka bagian batang adalah 32 dan bagian daun adalah 9. Jika objek pengamatan kita sebanya 19, maka bagian batang adalah 1 dan bagian daun adalah 9. Bagaimana dengan desimal? Jika kita memiliki data kecepatan 43,4 km/jam, maka yang menjadi batang adalah 43 sedangkan yang menjadi daun adalah 4. Tetapi dalam kasus data yang besar, nilai 43,4 dapat kamu bulatkan ke bawah menjadi 43, maka yang menjadi batang adalah 4 dan yang menjadi bagian daun adalah 3.

Ilustrasi 1.

Berikut ini adalah nilai matematika siswa kelas IPA II di SMU 3, dengan jumlah siswa sebanyak 30.


Maka diagram batang daunnya dapat kita susun menjadi:


Dari diagram batang daun di atas kita dapat mengetahui sebaran nilai dan membuat pemisahan antara nilai tengah, nilai tertinggi, nilai terendah, bahkan pencilan. Jika kita putar ke samping akan terlihat seperti diagram batang. Manfaat yang utama dari diagram batang daun adalah data yang terkelompokkan, dan kita dapat melihat data aslinya dengan jelas.

Ilustrasi 2.
Berikut ini adalah data jumlah pengunjung warnet selama 10 hari,

2   3   4   2   5   6   4   7   4   0

Maka diagram batang daunnya menjadi:


Diagram batang daun kita hanya memiliki satu kelompok data, tentunya ia tidak dapat mendeskripsikan sebaran data secara lebih banyak. Kita dapat mengelompokkan menjadi data interval, misalnya 0-4 dan 5-7,

Maka diagram batang daunnya menjadi,


Nah, dengan demikian kita bisa lebih mengeksplorasi datanya lebih jauh, dan pola diagram batangnya akan terlihat. 0(0) menyatakan interval 0-4, sedangkan angka 0(5) menyatakan interval 5-7.(yoso)
download materi format pdf di bawah >>>

0 komentar:

Posting Komentar